tunasMANDIRI

www.facebook.com/kedaitunasmandiri

Kami Buktikan Yogya Masih Punya Budaya

Bersama Tunggul BARATA TH.2010 rute "Pramuka Peduli MERAPI"

Ratusan kader Pramuka Penegak di Kabupaten Sleman tampak tegar di bawah sengatan matahari pada Pengembaraan Akhir Tahun XXV (Barata) 2010 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sleman, Jumat (31/12/2010).

Meski berbalut pakaian daerah, atribut pramuka kebanggaan siswa SMA dan SMK ini masih tersemat di baju, celana maupun topi yang menutupi kepala mereka.

“Kami ingin buktikan bahwa Yogyakarta masih punya budaya untuk dipertahankan,” ujar Ambarwati (18) , seorang kader Penegak saat menyusuri Ngaglik.

Siswi SMKN 2 Depok ini rela mengenakan caping dan kebaya berwarna merah untuk mengikuti kegiatan ini. “Sudah dua kali ikut,dan tidak mau ketinggalan pengembaraan seru ini,” ujar siswi kelas tiga yang baru saja menempuh ujian semesteran ini.

Meski membawa barang bawaan yang tidak sedikit, napak tilas tapal batas dari Ngaglik hingga Ngemplak Sleman ini pun berjalan tertib.

Dengan rapi kader penegak berbaris berkelompok di bawah satu komando Ketua Dewan Kerja Kwartir Cabang Sleman, Bambang Pamungkas.

“Agar semangat kepramukaan muncul di benak anak muda,” ujar Bambang menjelaskan tujuan Barata.

Menurutnya, Pramuka mengajarkan kemandirian dan kepemimpinan yang tidak diberikan organisasi lain.  “Jadi tidak benar jika Pramuka hanya tepuk tangan saja,” tegasnya.

Dalam napak tilasnya kali ini, kader penegak kompak mengenakan pakaian adat, batik, maupun seragam profesi. “Atribut ini untuk menunjukkan kebanggaan terhadap budaya Jawa,” jelasnya.

Even Barata XXV ini kader diajak untuk bersatu dengan alam dan peduli terhadap Merapi, salah satunya dengan berkemah di depan Museum Gunung Berapi Kepuharjo dan membagikan paket sembako bagi pengungsi Merapi.

“Saya salut dengan kader-kader muda sekarang, karena mereka masih bisa mandiri,” ucapnya.(*)

sumber : tribun jogja

kumpulan dokumentasi : “Klik”

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Januari 1, 2011 by .