tunasMANDIRI

www.facebook.com/kedaitunasmandiri

Koleksi Batu Permata

Batu permata adalah sebuah mineral, batu yang dibentuk dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia yang mempunyai harga jual tinggi, dan diminati oleh para kolektor. Batu permata harus dipoles sebelum dijadikan perhiasan.

Di dunia ini tidak semua tempat mengandung batu permata. Di Indonesia hanya beberapa tempat yang mengandung batu permata antara lain di provinsi Banten dengan Kalimayanya, di Lampungdengan batu jenis-jenis anggur yang menawan dan jenis cempaka,di Pulau Kalimantan dengan Kecubungnya (amethys) dan Intan (berlian). Batu permata mempunyai nama dari mulai huruf a sampai huruf z yang diklasifikasikan menurut kekerasannya yang dikenal dengan Skala Mohs dari 1 sampai 10. Permata yang paling diminati di dunia adalah yang berkristal yang selain jenis batu mulia seperti Berlian, Zamrud, Ruby dan Safir, batu-batu akik jenis anggur seperti Biru Langit,bungur atau kecubung yang berasal dari Tanjung Bintang, Lampung saat ini banyak di buru oleh para kolektor karena kualitas kristalnya. (*wikipedia)

Karena melihat keindahan batu permata saya mencoba mengkoleksi beberapa diantaranya,

1. Safir 

Safir (Bahasa Ibrani: ספּיר sapir) adalah bentuk kristal tunggal aluminium oksida (Al2O3), suatu mineral yang dikenal sebagai korundum. Safir dapat ditemukan secara alami sebagaibatu permata atau difabrikasi pada boule kristal besar untuk berbagai keperluan, termasuk komponen optik inframerah, permukaan jam, jendela yang kuat, dan wafer untuk deposisi semikonduktor seperti nanorod GaN.

Kelompok korundum termasuk aluminium murni. Sejumlah kecil unsur lain seperti besi,titanium, dan kromium memberikan warna biru, kuning, merah muda, ungu, jingga, atau kehijauan terhadap safir. Safir termasuk semua variasi kualitas mineral korundum kecuali yang memiliki warna merah jenuh penuh, yang dikenal sebagai rubi.

Batu safir atau Shappire dikenal sebagai batu permata mulia dengan dominasi warna birusehingga terlihat indah dan sangat anggun bagi yang mengenakan. berdasarkan kandungan struktur mineralnya yang merupakan kristal tunggal aluminium oksida, batu safir termasuk dalam mineral korundum. Batu safir memiliki kekerasan yang tinggi berkisar 9 skala Homs sehingga batu mulia ini di produksi untuk berbagai keperluan. Korundum termasuk dalam aluminium murni. Sejumlah kecil unsur lain seperti besi, titanium, dan kromium ini menghasilkan warna biru, merah muda, kuning, ungu, jingga, atau kehijauan pada safir.

Batu Safir yang banyak di jumpai dipasaran saat ini kebanyakan berasal Srilangka, Birma, Australia, Ceylon, Thailand, Afrika, dan Rusia. Safir Pacitan (Jawa Tengah) dan Kalimantan merupakan batu Safir yang berasal dari Indonesia, dengan Serat dan Struktur warna dan pancaran cahayanya juga berbeda beda.

Seorang ahli batuan ari Malaysia Dr.(HC) Hisham Hashim mengatakan bahwa tubuh manusia mempunyai satu medan magnet. Jika medan magnet di tubuh manusia tidak seimbang maka akan muncul masalah, diantaranya adalah penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga orang yang bersangkutan bisa terkena berbagai macam penyakit. Gangguan medan elektromagnetik pada tubuh manusia memang dapat disebabkan karena berbagai faktor, misalnya gangguan gelombang dari komputer, ponsel, televisi, atau juga karena pencemaran udara. sebuah batu mempunyai gelombang elektromagnetik sehingga berkhasiat untuk pengobatan. Gelombang elektromagnetik ini dapat menstabilkan medan elektromagnetik dalam tubuh seseorang yang sedang terganggu sehingga orang yang bersangkutan bisa menjadi sehat kembali. Hampir semua batuan sebenarnya bisa digunakan sebagai pengobatan karena mengandung getaran elektromagnetik, salah satu diantaranya adalah batu blue safir.

Khasiat Batu Blue Safir

Keunikan dan keindahan Batu Safir sangat tergantung pada karakteristiknya variasi warna yang bisa berwarna biru, ungu, kuning, oranye, hitam, bening, dan tentu saja struktur kristalnya yang Heksagonal.

Berikut Beberapa Khasiat Batu Blue Safir

  • Batu safir (Sapphire) diyakini dapat menjernihkan pikiran, meningkatkan kedamaian pada batin, diyakini meningkatkan motivasi, membawa kebahagiaan serta orientasi tujuan hidup yang lebih baik, lebih mudah mendapatkan ide-ide baru dalam kehidupannya. Batu ini akan melindungi pemakainya dari rasa sirik dan membuat mereka merasa dekat ke Tuhan. Konon Raja-raja mengenakan batu blue safir di pada kalung leher mereka sebagai pertahanan terhadap bahaya (tolak bala) dan menjadi benteng dari kejahatan lawan.
  • Selain itu, batu ini juga memiliki khasiat sebagai peredam sakit hati sehingga jika si pemakai merasa sakit hati karena telah dikhianati atau karena sesuatu yang membuat hatinya terluka, dengan mengenakan batu ini, maka si pemakai akan menjadi tenang kembali dan tidak dendam kepada orang lain.
  • Untuk kesehatan, Batu Sapphire dapat meningkatkan kadar potassium, magnesium, calcium dan melepaskan depresi mental. Sedangkan bila dipakai, Batu Safir cocok dipakai oleh Praktisi bidang keilmuan, perdagangan atau bisnis, serta Wirausaha dan eksekutif muda. Karena diyakini pula batu ini memiliki aura yang dapat mengembangkan daya pikir, menumbuhkan inspirasi, serta optimisme pada harapan baru. Satu mitos yang membuat batu safir ini jadi permata yang di idolakan yaitu sebagai pembawa kekekalan pada ASMARA.
  • Selain khasiat-khasiat yang dituliskan di atas, terdapat beberapa khasiat lain yang dipercaya oleh banyak orang, akan tetapi lebih pada mitos yang kadang-kadang kurang masuk di akal, yaitu batu ini bisa memberikan keselamatan di darat, laut, maupun di udara bagi pemakainya. Si pengguna juga akan menjadi kebal terhadap berbagai senjata tajam dan tembakan. Dipercaya dapat membuka aura si pengguna sehingga sehingga memiliki kharisma yang tinggi serta dapat memuluskan perjalanan karir si pemakai.

2. Obsidian

Obsidian adalah kaca vulkanik alami terbentuk sebagai batuan beku ekstrusif.
Hal ini dihasilkan ketika felsic lava dikeluarkan dari gunung berapi dingin dengan cepat dengan pertumbuhan kristal minimum. Obsidian umumnya ditemukan dalam margin lava mengalir rhyolitic dikenal sebagai arus obsidian, di mana komposisi kimia (kandungan silika tinggi) menginduksi viskositas tinggi dan derajatpolimerisasi lava. Penghambatan difusi atom melalui lava sangat kental dandipolimerisasi ini menjelaskan kurangnya pertumbuhan kristal. Obsidian keras dan rapuh, sehingga patah tulang dengan tepi yang sangat tajam, yang telah digunakan di masa lalu dalam memotong dan menusuk alat, dan telah digunakan secara eksperimental sebagai pisau bedah bedah.

Sementara itu informasi lain yang lebih mudah difahami adalah sebagai berikut :
Batu Obsidian, batu ini terbentuk dari magma vulkanik dari letusan gunung merapi yang masuk ke dalam celah tanah dan mengeras. Ada juga yang menyebut Batu ini dengan istilah Magma Glass, memang merujuk pada tingkat kekerasannya yang hanya 5 s/d 5,5 pada skala Mohs, batu ini layak disebut sebagai kaca alami.

Batu Obsidian bukanlah mineral murni, tapi mirip mineral,  karena sebagai mineral gelasnya tidak kristal , di samping itu , komposisi terlalu rumit untuk terdiri dari mineral tunggal . Hal ini kadang-kadang diklasifikasikan sebagai mineraloid a .  
Obsidian sebagian besar terdiri dari SiO2 ( silikon dioksida ) , biasanya 70 % atau lebih .
Batu obsidian sesungguhnya bukan batu tambang melainka sejenis batu lahar yang dimuntahkan dari kawah gunung berapi. Warnananya bening seperti kaca.Batu ini memiliki kekerasan antara 6-7 mohs, dan batu obsidian termasuk batu mulia tanggung. Warnanya kadang-kadang hitam mulus, merah tua, agak hijau, atau abu-abu. jarang yang berwarna kuning atau merah, putih atau biru.
Mengapa batu ini dinamakan Obsidian? Penamaan obsidian itu berasal dari nama seorang Romawi (Italia Kuno) yang membawa batu itu ke Roma dari negeri Ethopia (Afrika)

Batu Obsidian, terdiri dari beberapa warna, diantaranya hitam, merah, biru, hijau. Di indonesia sendiri batu Green Obsidian sering di sebut dengan Zamrud Kalimantan dan Batu Blue Obsidian sering di sebut sebagai King Sapphire kalimantan.


 

3. Batu Kecubung / Ametis

Batu kecubung atau ametis merupakan jenis batuan mineral kuarsa. Batu kecubung merupakan batu lahir bagi seseorang yang lahir di bulan Februari. Batu kecubung biasanya berwarna ungu sampai merah muda. Dalam sejarah, ungu merupakan warna yang digunakan oleh raja, ratu, dan anggota keluarga kerajaan lain. Karena itulah, para penguasa sering memiliki berlian yang terbuat dari batu kecubung

Khasiat batu kecubung – Kecubung atau Amethyst merupakan jenis batu mulia populer didunia dengan warna umum ungu berkilau, merah muda dan kebiruan. Batu permata ini di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan batu kecubung ungu dan dipercaya memiliki khasiat. Sedangkan harga nya bisa ratusan sampai puluhan juta rupiah untuk jenis batu terbaik.

Batu Amethyst (kecubung) merupakan batuan mineral kuarsa atau jenis mineral berstruktur kristal heksagonal terbuat dari silika (silikon dioksida) dengan tingkat kekerasan hingga 7 mohs. Keunikan warna pada batu permata ini menimbulkan daya tarik tersendiri dan tidak dimiliki jenis batu mulia lainnya.

Terkait mitos yang berkembang, batu ini juga dianggap sebagai batu kelahiran Februari dalam zodiak. Sebutan pada batu ini juga tidak lepas dengan mitos yang berkembang pada zamat itu dan dikenal dengan istilah‘amethyst’ asal kata Yunani ‘amethystos’ yang berarti obat untuk mencegah mabuk.

Sehingga batu ini dipercaya bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya terutama mereka yang punya kelahiran bulan Februari. Pada zaman dulu batu ini banyak dipakai kalangan raja-raja, pangeran dan puteri kerjaan sebagai pembangkit aura baik untuk kecantikan atau untuk menambah kewibawaan.

Khasiat Batu Kecubung
Keunikan dan keindahan warna yang dimiliki batu ini pernah dianggap lebih berharga dibandingkan dengan berlian. Bahkan sejak ribuan tahun lalu batu yang banyak di dominasi warna ungu itu telah menjadi dambaan kalangan pangeran dan dianggap sebagai simbol roh penguasa alam

Sehingga batu itu sering menjadi bahan perhiasan utama yang dipadukan dengan logam mulia atau emas murni untuk dikenakan para raja seperti mahkota, perhiasan mewah atau simbol-simbol lain yang banyak dikenakan para raja dan pangeran kala itu.

Khasiat batu kecubung ungu diantaranya :

  • Berfungsi sebagai penenang bathin
  • Media mendapatkan kasih sayang dan simpati
  • Barmanfaat sebagai media pengobatan lahir dan batin
  • Untuk penyakit fisik: bisa membantu penderita, rabun, sakit kepala, paru-paru, gangguang pencernaan, kecanduan alkhl atau jenis penyakit yang berhubungan dengan saraf
  • Untuk penyakit batin : Kendalikan emosi, membentuk karakter pribadi, semangat hidup, keihlasan dan kerendahan hati dll
  • Membuka aura, membuka cakra pada tubuh manusia
  • Dapat menitralisir energi negatif dalam tubuh
  • Sebagai pengasihan (asihan) dll
  • Percaya atau tidak, kekuatan dan kuasa hanya milik Allah semata

4. Black Onyx

Batu oniks atau onyx yang tergolong batu-batu kuarsa ada tiga macam. Yang berwarna hitam dan dasarnya putih disebut batu oniks biasa, yang berwarna merah dan dasarnya putih dinamakan karneol onyx, sedangkan yang merah tua dan dasarnya putih diberi nama sardonyx. Biasanya batu oniks atau onyx di buat menjadi bentuk cabochon dan kebanyakan warna dari batu ini telah dihasilkan lewat proses pemanasan atau kimia dan amat sulit untuk dibedakan sehingga pembeli maupun penjualnya pun banyak yang tidak bisa membedakan mana yang alami dan mana yang tidak. Batu oniks mempunyai nilai keras 7 dalam daftar Mohs, walaupun batu ini keras tapi juga mudah tergores atau lecet jika terbentur dengan keras.

Prajurit Romawi memakai jimat Onyx/Sardonyx, dalam mitologi Yunani dikenal sebagai “kuku jari atau cakar”. Datang dalam berbagai variasi warna: cokelat, putih, abu-abu dan hitam, yang tampak paling menakjubkan adalah onyx hitam. Pada dasarnya ini adalah Agate yang dicelup untuk mendapatkan warna hitam. Mereka percaya bahwa batu itu akan membuat pemakainya menjadi lebih berani. Pada zaman Renaisans, Onyx/Sardonyx diyakini membawa kefasihan pada pemakainya dan memiliki pengaruh besar bagi seorang pembicara publik dan orator.


 

2 comments on “Koleksi Batu Permata

  1. bp01
    Februari 25, 2015

    #blue #obsidian #papua
    #koleksi

    A photo posted by bambang pamungkas (@bp_sleman) on

  2. bp01
    Februari 25, 2015

    #safir #sapphire

    A photo posted by bambang pamungkas (@bp_sleman) on

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s